SELECTING OBSERVATION STRATEGIES


DIARY,ANECDOT,RUNNING,SPECIMEN 
TAXONOMI
STRATEGI
INTERVAL  WAKTU OBSERVASI
MATERI YANG DIKOVER
TEKNIK RECORDING
METODE NARASI
Diary Description
berurutan, terus menerus, dari hari ke hari (setiap hari selama interval ttt)
melihat perubahan perkembangan yang terjadi
merincikan dan mencatat perubahan
Anecdotal Records
sporadic interval / waktu tidak harus sama
apapun yang tampak patut diperhatikan
pencatatan segera (tidak harus langsung)
Running Records
harus terus menerus mengamati perilaku
perilaku yang muncul dan semua informasi mengenai perilaku dicatat
saat itu juga segera dicatat perilaku yg muncul
Specimen Descriptions
harus terus menerus mengamati perilaku
perilaku segalanya yang berkaitan sesuai dengan kronologis  perilaku yg ada
deskripsi perilaku yang detail dan langsung dicatat



STRATEGI
KEUNTUNGAN
KELEMAHAN
PROSEDUR ANALISIS
PENGGUNAAN CLASSROOM
Diary Description
mencatat perubahan perkembangan
sedikit kasus, memerlukan waktu dan biaya yg banyak
klasifikasi dan studi interpretasi
dokumen perkembangan atau perubahan individual/kelompok
Anecdotal Records
dapat memilih topik khusus atau tertentu
tidak ada kelanjutanya
klasifikasi dan studi interpretasi scoring dan analisis statistik
trainng guru, studi kasus, studi pemilihan perilaku
Running records
mempertahankan urutan kejadian, untuk training dan studi kasus
tinggi biayanya, butuh waktu yg lama
studi interpretasi  atau coding, scoring dan analisis statistik
training guru, studi kasus
Specimen Record
menjelaskan deskripsi perilaku
menghabiskan waktu dan biaya,
studi interpretasi  atau coding, scoring dan analisis statistik
studi kasus : interaksi kelas , studi lapangan




TIME,EVENT,CHECKLIST,RATING

TAXONOMI
STRATEGI
INTERVAL  WAKTU OBSERVASI
MATERI YANG DIKOVER
TEKNIK RECORDING
METODE SAMPLING
Time sampling
sesuai interval waktu yang dibuat, waktu sudah ditentukan (durasi,interval,frekuensi)
perilaku spesifik yg sering muncul
on the spot coding (pada hari itu juga dicatat/dikodekan)
Event sampling
ketika kejadian terjadi saat itu saja
perilaku spesifik yang terjadi
on the spot coding dan narasi pada hari itu juga
Checklist
dapat ditentukan sesuai dengan tujuan
memilih aspek perilaku atau situasi atau keduanya
membuat daftar apa saja yg mau diamati dan diceklist
Rating Scale
ditentukan dari kategori dan pada saat itu
sesuai dengan perilaku atau situasi yg diamati
sesuai dengan kategori yang sudah dibuat



STRATEGI
KEUNTUNGAN
KELEMAHAN
PROSEDUR ANALISIS
PENGGUNAAN CLASSROOM
Time sampling
mudah dalam mencatat, dapat mengambil sample dalam jumlah yg banyak, dapat dikontrol, dapat melihat frekuensi,waktu kemuncuan, durasi
terbatas pada frekuensi kemunculan perilaku, hilang detail kejadian, membutuhkan pelatihan
skoring dan analisis statistik
mencatat absensi, frekuensi dan durasi kemunculan perilaku
Event Sampling
mengurangi waktu observasi, mudah dlm mencatat, memasukan struktur unit perilaku dan situasi
menunggu perilaku pada saat kejadian kemunculan
skoring dan analisis statistik
studi perilaku pilihan/khusus, studi kasus
Checklist
memudahkan dalam mengembangkan dan menggunakan
kehilangan details perilaku
skoring dan analisis statistik
evaluasi menampilkan perilaku
Rating scale
memudahkan dalam mengembangkan dan menggunakan dapat dipakai dengan rentang yang luas dari perilaku dan sifatnya subjektif
kesalahan rater, dan bias rater, ambigu, sedikit menjelaskan ttg penyebab perilaku
skoring dan analisis statistik
untuk evaluasi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Support by Blog Sodiyc & Acun
Member of Kopizine and Loenpia.net