PSIKOLOGI PENDIDIKAN




KULIAH 7 (EFFECTIVE LESSON)
1.   MENGARAHKAN SISWA
a.    Membentuk sikap mental positif
b.    Kesiapan belajar
c.    Tepat waktu
d.   Membangkitkan minat siswa
2.   PENDAPAT RISET TENTANG DIRECT INSTRUCTION
a.    Hasil riset memberikan kesimpulan yang berbeda-beda
b.    Peneliti sepakat bahwa untsur utama model pembelajaran ini adalah ketrampilan minimum yang harus dimiliki guru
3.   MENYAJIKAN MATERI BARU
a.    Struktur pelajaran
b.    Penekanan pelajaran
c.    Kejelasan pelajaran
d.   Penjelasan
e.    Contoh-contoh
f.     Peragaan,model,dan ilustrasi
g.   Video

KULIAH 8 (STUDENT CENTERED)
1.   14 PRINSIP “APA 92” LEARNER - CENTERED
a.    Hakikat proses pembelajaran
b.    Tujuan proses pembelajaran
c.    Konstruksi pengetahuan
d.   Pemikiran strategis
e.    Berpikir tentang berpikir
f.     Konteks pembelajaran
g.   Pengaruh motivasi dan emosi terhadap belajar
h.   Motivasi intrinsic belajar
i.     Dampak motivasi pada usaha
j.     Pengaruh perkembangan terhadap pembelajaran
k.    Pengaruh sosial terhadap pembelajaran
l.     Perbedaan individu dalam pembelajaran
m.  Pembelajaran dan keragaman
n.   Standar dan penilaian
2.   PROBLEM SOLVING YANG DAPAT DIPELAJARI PADA KONSEP IDEAL
a.    Identify problem and oppurtunities
b.    Define goal and represent the problem
c.    Explore positive strategy
d.   Anticipated outcomes and act
e.    Look back and learn
3.   BEBERAPA TEKNIK PROBLEM SOLVING
a.    Means – Ends Analysis = mengidentifikasi apa problemnya dan apa yg harus dilakukan
b.    Problem representation = bisa menampilkan masalah dengan ilustrasi, diagram, dll yang pada dasarnya berisi komponen-komponen kritis sesuatu masalah
c.    Creative problem solving = inkubasi, brainstorming, appropriate climate (iklim yang menyenangkan), analisis situasi

KULIAH 9 (ACCOMODATING INSTRUCTION)
1.   MODEL CARROLL TERHADAP EFEKTIF INSTUKSI
a.    Bakat dan kecakapan murid dalam menangkap instruksi
b.    Tergantung durasi yang tersedia, kualitas instruksi, ketekunan murid
2.   PENJELASAN ELEMEN EFFEKTIVE INSTRUCTION (QAIT)
a.    Quality of instruction = tingkat dimana pengajaran menolong murid menjadi mudah mempelajari materi
b.    Appropriate of instruction = berkenaan dg kualitas yang membuat guru yakin kalau murid siap mempelajari pelajaran baru
c.    Incentive = tingkat sejauh mana guru mendapat kepastian bahwa murid termotivasi utk mengerjakan tugas dan mempelajari materi
d.   Time = keadaan sejauh mana murid diberikan cukup waktu untuk mempelajari materi
3.   STUDENT GROUP ACCOMODATED
a.    Track (jalur khusus) = serangkaian kurikulum yg dibrikan kpd murid dg tngkat achievement atau ability ttt
b.    Between – class ability grouping = menggolongkan murid menurut ability (kelas percepatan)
c.    Within – class ability grouping = sistm utk mengakomodir perbedaan student dg membagi satu kelas menjadi dua atau lbh klmpk menurut performancenya utk mengikuti materi/subjek
d.   Untracking recommendation = menghapus jalur khusus dg menempatkan siswa kdlm klmpok” kemampuan campuran dan mempertahankan mereka dlm standar yg tinggi dg menyediakan bnyk cara utk mencapai stdr tsb

KULIAH 10 (MOTIVATING STUDEN TO LEARN)
1.   IMPLIKASI TEORI MASSLOW PADA PENDIDIKAN
a.    Pentingnya teori Maslow bagi pendidikan terdapat dlm hubungan antara kebutuhan kekurangan dan kebutuhan pertumbuhan
2.   IMPLIKASI TEORI EXPECTANCY PADA PENDIDIKAN
a.    Adanya pandangan akal sehat bahwa tugas siswa seharusnya tidak terlalu mudah atau tidak terlalu sulit. Oleh karena itu sistem pemberian nilai seharusnya ditentukan sehingga perolehan nila “A” dirasakan sulit (tetapi mungkin) bagi sebanyak mungkin siswa dan perolehan nilai rendah dimungkinkan bagi siswa yang mengerahkan sedikit upaya
3.   PRINSIP-PRINSIP UNTUK MEMBERIKAN INSENTIF EKSTRINSIK
a.    Mengungkapkan harapan yg jelas, shg siswa mengetahui apa yg diharapkan akan mereka lakukan, bgm mereka dievaluasi, apa konsekuensi keberhasilanya
b.    Memberikan umpan balik yg jelas informasi ttg hasil upaya seseorang
c.    Memberikan imbalan berupa pujian

KULIAH 11 (EFFECTIVE LEARNING ENVIRONMENT)
1.   EFFECTIVE CLASSROM MANAGEMENT
a.    Guru memiliki rencana yang jelas dan spesifik utk mengenalkan tata tertib pada siswanya
b.    Guru bekerja dengan melibatkan seluruh kelasnya
c.    Bersedia memberikan waktu ekstra utk sosialisasi tata tertib
d.   Mengajarkan prosedur spesifik
e.    Memberikan tugas yang mudah dan menarik
f.     Segera berespon ketika menghadapi tingkah laku yg kurang baik
2.   SETTING CLASS RULES
a.    Be courteous to others = bersikap sopan, tidak mengganggu
b.    Respect others property = bersikap menghargai org lain
c.    Be on task = memperhatikan, mendengarkan guru/murid
d.   Raise hand to be recognize = acungkan tangan untuk menyampaikan
e.    Perlu menegakan aturan dan disiplin
f.     Aturan disosialisasikan ke siswa dan diterapkan scra adil
3.   MANAGING ROUTINE MISBEHAVIOR
a.    Salah satu prinsip dalam menegakan disiplin dikelas adalah menganangani pelanggaran yang biasa terjadi
b.    Strategi adalah dengan pencegahan, non verbal cues, menegur (peringatan lisan), menghukum bila membandel, pujian kpd siswa yg baik

KULIAH 12 (LEARNER WITH ECEPTIONALITIES)
1.   MENTAL RETARDATION
a.    Definisi        :keterbatasan fungsi inteligensi dan perilaku penyesuaian
b.    Penyebab     :genetic, kelainan kromosom, penyakit saat ibu hamil, kekurangan oxygen saat lahir, toxic contamination
c.    Intervensi    :meningkatkan perawatan prenatal, gizi yg tepat, mencegah kecelakaan, mendukung anak usia dini, mengatasi tutntuan sekolah, mengembangkan hubungan interpersonal, mengembangkan ketrampilan bahasa,mengembangkan sosioemosional, personal care
2.   ADHD
a.    Definisi        : kesulitan memusatkan perhatian karena keterbatasan dalam kemampuan untuk memusatkan perhatian
b.    Penyebab     : impulsif ,hiperaktif
c.    Intervensi    : pastikan siswa mematuhi aturan, atur tempat duduk, pahami perilakunya, berikan kesempatan utk tampil aktif, hindari penggunaan ancaman, ajari utk mengelola perilakunya, bekerja sama dg petugas pend khusus
3.   AUTISM
a.    Definisi        :hambatan perkembangan yg mempengaruhi interaksi sosial, komunikasi verbal dan nonverbal sehingga menghambat educational performance
b.    Penyebab     :kerusakan otak
c.    Intervensi    :pendidikan yg difokuskan pd ketrampilan komunikasi, sosial dan kognitif secara systematic progression

KULIAH 13 (PENILAIAN PEMBELAJARAN SISWA)
1.   MENGAPA EVALUASI ITU PENTING
a.    Evaluasi sebagai umpan balik bagi siswa dan guru
b.    Evaluasi sebagai informasi kepada ortu, untuk pemilihan, untuk akuntabilitas
c.    Evaluasi sebagai insentif yang dirasakan sebagai hadiah
2.   TAKSONOMI BLOOM
a.    Pengetahuan = mengingat informasi
b.    Pemahaman = menafsirkan informasi
c.    Penerapan = menggunakan prinsip utk menyelesaikan masalah
d.   Analisis = mengurai informasi
e.    Sintesis = menggunakan kemampuan utk menciptakan sst yg baru
f.     Evaluasi = menilai sesuatu thd standar ttt
3.   JENIS TES
a.    Tes kemampuan = tes inteligensi
b.    Tes prestasi = tes yg memakai acuan norma dan acuan kriteria
c.    Penentuan standar = menentukan nilai terendah







Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Support by Blog Sodiyc & Acun
Member of Kopizine and Loenpia.net